Liburan Sambil Jajan Di Jepang - Beauty and Lifestyle Experience

January 2, 2018

Liburan Sambil Jajan Di Jepang


Natal dan liburan akhir tahun 2017 baru aja lewat nih. Tapi kayaknya nuansa liburan masih kerasa banget. Btw, masih soal liburan nih siapa sih yang ga suka kalau liburan di negeri Sakura, Jepang?

Apalagi kalau udah ngomongin wisata kulinernya. Duh, kayaknya ga akan ada abisnya. Aku sendiri suka banget sama makanan Jepang mulai dari food street sampai yang biasanya ada di restaurant.

Macam-macam Restaurant Jepang



Jepang menganut sistem seasonal cuisine, jadi untuk restorannya kebanyakan menghidangkan manakan-makanan yang bisa dimakan di musim-musim tertentu. Walau kayak gitu, banyak banget restoran disana yang menghidangkan makanan yang emang menjadi icon Jepang.  Dan, ga heran kalau Jepang menjadi salah satu target tempat wisata kuliner terbaik.

1. Izakaya

Pada dasarnya Izakaya itu semacam pub yang ada dipinggir jalan gitu, jadi semacam casual drinking. Untuk menu makanan yang dihidangkan pun biasanya lebih ke makanan kecil seperti yakitori, macam-macam salad, atau finger foods. Izakaya ini bakal banyak kamu temuin di area stasiun kereta atau shopping area. How much you must pay for it? Kira-kira 1000 sampai dengan 5000 yen.


2. Family Restaurant

Family Restaurant ini sebenernya bisa dibilang casual restaurant, ga terlalu formal. Cuma di tempat ini biasanya menyediakan menu yang ga cuma masakan Jepang aja. Mereka biasanya menghidangkan Chinese Food dan Western Food juga. Untuk makan Family Restaurant, biasanya kamu akan menghabiskan uang sekitar 500 sampai dengan 200 yen.


3. Shokudo

Shokudo merupakan casual restoran yang mirip-mirip dengan konsep Family Restaurant. Tapi, kalau Shokudo ini biasanya punya ukuran restaurant yang lebih kecil dan biasanya ini milik perorangan. Makanan yang dihidangkan juga cuma makanan Jepang aja seperti Soba, Udon, Donburry dan Curry. 


4. Teishoku-ya

Teishoku-ya biasanya adalah restaurant yang menawarkan menu set, seperti daging-dagingan atau ikan yang di hidangkan lengkap dengan nasi, salad/acar, dan miso soup. Biasanya restoran jenis ini adanya di daerah perkantoran dan ramai saat jam makan siang.


5. Kissaten or Coffee Shop 

Kissaten atau coffee shop biasanya menghidangkan berbagai minuman dan makanan manis, contohnya seperti tea, matcha, kopi, kue-kuean. Tapi ada juga beberapa yang jual sandwich dan salad. Kissaten di Jepang contohnya seperti Starbucks dan semacamnya.

6. Kaiseki Ryori and Ryotei

Keduanya biasanya disebut Japanese Haute Cuisine. Dan biasanya restoran-restoran Kaiseki Ryori ini terkenal exclusive dan expensive. Bayangin aja, untuk makan di restoran yang menganut konsep ini kalian harus mengeluarkan uang mulai dari 3000 sampai 20.000 yen.



7. Yatai

Yatai ini biasanya ada pada saat festival atau di busy street. Kalau di Indonesia mungkin semacam kedai gitu. Jadi ada bangkunya, cuma ga banyak. Menu yang ditawarkan pun biasanya semacam snack seperti Yakitori, Yakisoba, Oden, Okonomiyaki atau Takoyaki. Harga makanannya pun murah-murah mulai dari 300 sampai 2000 yen.


Dari tujuh konsep restoran yang ada di Jepang, mana yang kamu suka? Aku sendiri lebih suka makanan yang jenisnya snack dan dalam porsi kecil, jadi aku bisa jajan banyak. Hahaha

Ga cuma punya konsep restaurant yang banyak, jenis makanan di Jepang pun punya beberapa kategori lho.


Macam-macam Kategori Makanan Jepang 


1. Rice Dishes

Dari namanya aja udah ketahuan kan kalau makanan ini basicnya adalah nasi contohnya seperti rice bowl, sushi, donburi, rice balls, kare raisu, dll.

2. Seafood Dishes

Kategori ini biasanya di dominasi yang berasal dari seafood atau hasil makanan laut, danau atau sungai. Contoh makanannya seperti sashimi dan yakizakana.

3. Noodle Dishes

Wisata kuliner Jepang emang terkenal banget dengan mie mulai dari soba, udon, ramen, somen dan yakisoba.

4. Nabe Dishes

Nabe sendiri kata lain dari hot pot dishes, atau makanan yang biasa dihidangkan didalam tungku. Biasanya juga terdiri dari berbagai macam lauk dan sayuran seperti oden, sukiyaki, shabu-sabu, dan chanko nabi. 

5. Meat Dishes

Meski namanya meat, untuk kategori ini ayam juga masuk kedalamnya. Menu makanan yang termasuk kedalam meat dishes diantaranya yakitori, tonkatsu, yakiniku, nikujaga, dan teppanyaki.

6. Soybean Dishes

Mirip-mirip Indonesia, makanan Jepang juga banyak yang berasal dari soybean atau kedelai contohnya hiyayakko, yudofu, agendashi dofu dan miso soup.

7. Yoshoku Dishes

Yoshoku ini adalah makanan-makanan Western yang sudah disesuaikan dengan lidah Jepang contohnya seperti korroke, omuraisu, hayashi raisu, dan hambagu (di Indonesia juga ada lho Restaurant Hamburger dari Jepang http://beautynesia.id/20469?co=00101 ).

8. Other Dishes

Makanan yang belum masuk kedalam list tujuh kategori tadi, biasanya masuk kedalam other dishes ini seperti bento, tempura, okonomiyaki, monjayaki, gyoza, pickles, wagashi, dan chawanmushi.

Banyak banget yah Girls jenis-jenis makanan dari Jepang. Gimana, jadi tambah pengen wisata kulineran ke Jepang ga?


Ngomong-ngomong masalah wisata kulineran di Jepang, aku ada rekomendasi travel agency dari Jepang yang sekarang sudah hadir di Indonesia nih namanya H.I.S (kalian bisa check disini : http://www.hisgo.co.id/)



Keep in touch with me :
INSTAGRAM || FACEBOOK || EMAIL

2 comments:

  1. Jepang selalu menyenangkan, banyak tempat jajan yang tentu saja ngga ada di Indonesia dan enak rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget, dan kalo disana mesti banget food street sih :D

      Delete