Enjoying The Other Side of Jakarta - Beauty and Lifestyle Experience

August 10, 2017

Enjoying The Other Side of Jakarta

Gw adalah orang  asli Jakarta atau biasa disebut Betawi. Sebenernya ga 100% sih, karena gw masih punya keturunan Belanda dan katanya ada Jepangnya juga. Tapi entah kenapa gw lebih suka ngejawab, "Gw orang betawi" setiap kali temen-temen nanya. Walau sejujurnya gw lebih bangga menyebut diri gw itu orang Indonesia.

Ngomong-ngomong soal Jakarta, apa kalian pernah nikmatin kota Jakarta ini buat lihat sisi lainnya? Karena yang biasa gw denger soal Jakarta adalah sisi negatifnya, entah itu masalah banjir, macet atau polusi. Well, hampir 27 tahun (Udah tua dong? Ya, emang umur gw segitu gimana dong?) gw tinggal di Jakarta (pinggiran kota Jakarta tepatnya), jujur gw baru sejak SMA sering denger keluhan masyarakat soal itu. Entah gw yang baru aware sama keadaan sekitar, atau emang baru banyak kaum urban yang datang ke Jakarta sejak tahun 2006. 

Well, gw punya sedikit cerita mengenai kali di depan rumah gw. Jadi, kali di depan rumah gw itu tadinya bersih banget (pas gw kecil) karena kali itu untuk perairan sawah, malah anak-anak kecil suka banget berenang disana. Saking jernihnya, pasir di kali itu sampai kelihatan. Semenjak gw masuk SMP kali di depan rumah gw jadi kotor banget, item, berlumpur, dan banyak sampah. Dulu gw sempet mikir apa mungkin karena yang tinggal disini semakin banyak dan orang-orang yang tinggal di sekitarnya sering buang sampah sembarangan? Tapi kenapa kita masih rajin buat kerja bakti di hari minggu kalau kita yang bikin kotor? Tapi ngapain sih gw nebak-nebak penyebabnya dan nyalahin orang lain? Ga akan ngubah kali itu jadi bersih lagi kan? Sampe akhirnya beberapa tahun belakangan ini pemerintah sangat peduli dengan lingkungan gw, tentunya dengan bantuan warga sekitar. Berawal dari pemda yang melakukan pengurukan kali serta pembersihan, dan akhirnya kita para warga membantu merawatnya.

Sebenernya itu contoh kecil dari penyelesaian sebuah masalah yang ada. Sejak saat itu gw semakin sadar kalau Jakarta itu Indah kalau kita jaga.

Nah... gw agak out of the box nih. Tapi sebenernya masih satu pembahasan. Di akhir pekan gw suka jalan-jalan di Jakarta. Walau udah beberapa kali ke beberapa tempat ini masih belom bosan-bosan rasanya.

Waduk Pluit. Photo Credit : mine

Pulau Khayangan (Kepulauan Seribu). Photo Credit : mine

Pulau Khayangan (Kepulauan Seribu). Photo Credit : mine
Musium Fatahillah. Photo Credit : Ifan Faisal 

Galeri Nasional. Photo Credit : Venny Firstyani
Galeri Nasional. Photo Credit : Venny Firstyani

Galeri nasional. Photo Credit : Venny Firstyani
Menara BCA. Photo Credit : mine
Hutan Mangrove. Photo Credit : Mei
Ancol. Photo Credit : Ifan




Jadi intinya apa toh tha... tha.. Mau pamer foto tha? Bukaaaan, coba kalian lihat foto-foto diatas, sudah berapa banyak tempat yang kalian kunjungin. (sebenernya banyak tempat yang belom aku masukin kayak kalijodo, kampung betawi, monas, musium gajah atau musium nasional, kepulau seribu yang lain dll). 
Intinya, It's simple guys

"Jangan pernah mengeluh dan menuntut sesuatu (bukan hanya mengenai Jakarta) tapi cintailah apa yang ada dan jika ada kesanggupan dalam diri, cobalah untuk merubah keluhan tersebut menjadi apa yang diinginkan"

Sayangi kota Jakarta kita, karena kita masih tinggal di kota ini. ^^

Get in touch with me :

3 comments:

  1. Aku juga orang betawi campur keturunan jawa tengah dan herannya kenapa orang pada mau tinggal dan bekerja di jakarta padahal kan peluang di daerah lebih banyak. Penyebab banjir itu ya karena sering buang sampah sembarangan dan alhasil kali menjadi kotor, terkena polusi udara, dan kemacetan yang tiada hentinya.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Setujuuuu!! Sebetulnya nggak perlu jauh-jauh dulu yaa kak.. Di Jakarta sebenernya banyak tempat bagus yang belom tentu udah didatengin warga Jakarta sendiri.. Nice post, kak =D

    ReplyDelete
  3. ternyata di jakarta juga banyak ya tempat-tempat yang bagus yang bisa kita kunjungi..

    ReplyDelete