Curhatan Masalah Jerawat - Beauty and Lifestyle Experience

January 7, 2016

Curhatan Masalah Jerawat



Udah tahun 2016 aja nih, ga kerasa umur aku juga makin tua. Tadinya aku mau buat judulnya skin care routine, tapi karena lebih banyak curhatan aku mengenai jerawat, jadi di ganti deh judulnya. Hahaha. Masalah utama dalam hidup aku sebenernya adalah jerawat, rambut rusak, dan tinggi badan. Tapi, syukur alhamdulillah sekarang aku udah bisa bilang “BYE” buat jerawat dan rambut rusak aku. Tapi kalau tinggi badan sih, yaudahlah yah. Aku bersyukur juga ternyata salah satu alasan cowok aku mau sama aku, karena aku pendek. *cry


Karena aku udah berhasil ngelewatin masa-masa sulit aku ketika jerawatan sana sini, dan banyak juga yang nanya aku pakai apa bisa ga jerawatan lagi. Jadi, kali ini aku mau sharing ke kalian mengenai skin care routine dan gaya hidup aku nih. Kok ada gaya hidup juga sih? Jelas dong, ternyata gaya hidup juga sangat berpengaruh buat kesehatan kulit kamu.


Flash back bentar yah. Kulit aku mulai berjerawat pas masuk SMP. Waktu itu aku masih ponian dan itu banyak banget jerawat yang ngumpet di balik poni aku. Saat itu sih aku masih cuek aja karena pada dasarnya aku tomboy banget, jadi yah cuci mukanya masih pakai sabun bayi. Tapi akhirnya Mama beliin aku Biore yang khusus untuk wajah berjerawat. Selang seminggu, sebulan, dan berbulan-bulan jerawat aku tetep aja ada.


Jerawat aku semakin berkembang biak, dan mulai muncul di pipi pas SMA. Dan, itu karena aku nyoba-nyoba salah satu produk pembersih wajah yang dipake sama Mama aku. (produknya cukup terkenal). Malah ada jerawat satu gede banget di pipi aku yang ga kempes dan pecah-pecah. Walau masih tomboy dan ga mikirin amat, tapi pas ketemu cowok yang di taksir aku malu juga sih. Boro-boro dia mau liat aja, ngelirik aja males kali. Hahaha.


Dapet uang lebaran, akhirnya aku putusin buat ke klinik Eva Mulia di Grogol. Waktu itu harga facialnya masih 50ribuan dan aku facial + produk cuma abis 200 ribuan. (murah yah, skrg mah mahal euy). Pas facial aku mau teriak, ya ampun itu sakitnya sampe ubun-ubun pas jerawat yang gede aku dipencet. Ampe pegangan kenceng banget. Setelah facial aku pakai tuh produknya dan emang ngaruh banget, muka aku jadi bersihan. Tapi pori-pori aku yang tadinya masih rapet, jadi gede-gede. Oh NOOOOOOOO T.T


Aku putusin buat berenti dari Eva Mulia. Pas kuliah, aku ke Klinik Kusuma di daerah Citra 2 (dekat cengkareng), ini aku udah kuliah sambilan kerja. Tahu berapa total uang yang aku abisin buat konsultasi + obat berapa? 800 ribu. Itu ga pake facial dan obatnya Cuma buat sebulan. Note lagi itu sekitar tahun 2009. Bagus banget emang sih, apalagi ada obat luarnya juga. Cuma karena ga sanggup kalo tiap bulan harus ngeluarin uang segitu ya akhirnya aku putusin buat berenti.


Aku mulai kerja di majalah kecantikan tahun 2010, dan disana mata aku mulai kebuka. Hahaha... Inget banget pimred aku bilang buat mulai ngerawat diri karena aku disana reporter. Jadilah setiap ketemu dokter-dokter kulit atau klinik kecantikan aku sekalian nanya-nanya. Jadi, sebenernya jerawat itu bisa di minimalisir kalau kita rajin cuci muka, bersihin muka, dan gaya hidup yang pastinya sehat.
Sejak saat itu aku akhirnya mulai rajin cuci muka bisa 3-4 kali dalam sehari. Pokoknya setiap habis keluar rumah atau kena debu polusi aku pasti cuci muka, setelah make up juga. Nah, ini dia seperangkat skin care yang aku pake, ini belum termasuk serum sama sunblock sih. Soalnya, dua-duanya abis. Hahaha



Untuk facial foamnya, aku pernah pakai Clean & Clear, Nivea Whitening Foam, dan L’Oreal yang White Perfect. Aku pernah pakai facial foam khusus untuk wajah berjerawat, tapi malah jerawatan. Tapi tiga produk itu cocok banget buat aku. Oya, sebelum aku cuci muka, biasanya aku pakai peeling dari Wardah juga, tapi itu cuma 2 kali seminggu, gunanya buat ngangkat sel kulit mati.



Sebelum cuci muka, biasanya aku pakai milk cleanser dari Viva Cosmetics yang lemon. Harganya murah banget, ga sampe 10 ribu. Tapi kalau habis make up biasanya aku pakai cleansing oil dulu. Sebisa mungkin aku menghindari make up remover yang ada alkoholnya, karena bisa memacu timbulnya jerawat. (itu pengalaman aku pribadi sih)



Setelah cuci muka, aku pakai toner. Aku pakai produk dari Viva Cosmetics, yang rasa lemon. Toner ini sangat penting buat menutup kembali pori-pori wajah. Aku cukup tuang sedikit toner ke kapas terus tepuk-tepuk deh ke wajah. Selesai pakai toner, aku pakai lotion dari Hada Labo Whitening. Ambil sedikit di telapak tangan. Gosok-gosok telapak tangan terus di tepuk-tepuk deh ke wajah.
Nah, itu kegiatan rutin aku kalau habis bersihin wajah.



Tapi kalau pagi, aku biasanya pakai day cream lagi dari L’Oreal Whitening Day. Plus, Serum atau essence dari The Face Shop, tapi karena abis aku pakai yang trial kitnya dari Laneige. Btw, walaupun judulnya trial kit, essence Laneige ini bisa tahan sampe sebulan di aku. Hahaha



Untuk malam, aku biasanya pakai sleeping pack, tapi itu seminggu dua kali biasanya. Atau setelah pakai masker peeloff atau mask sheet, biasanya aku pakai night cream. Sekarang aku pakai produknya Wardah. Untuk masker, aku random aja sih. Tapi yang cocok sama aku dan ga nimbulin efek samping itu produknya Garnier, KOSE, Etude House, The Face Shop, Mustika Ratu. Menurut aku produk itu cocok buat kulit sensitif. Dan, karena kebetulan Mask Sheet Etude House sama The Faceshop aku lagi habis jadi aku foto produk yang ada aja. Walau ada banyak tapi ini manfaatnya beda-beda Energy Sleeping Pack biasanya aku pake kalau lagi males maskeran, karena ga harus bersihin muka lagi. Gunanya buat lebih menutrisi, mengenyal atau mengencangkan kulit. Kalau Kose Sekkisei ini lebih pakai produk ini untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi komedo aku. Nah, kalau yang Mustika Ratu ini untuk mencerahkan kulit aja. Sebenernya aku juga pake Mustika Ratu yang buat jerawat sih, tapi karena habis dan belom beli lagi, jadi yaudah deh. Hahaha





Selain ngerawat wajah aku dengan skincare, aku juga jaga gaya hidup aku. Gaya hidup gimana sih Lyt?
Okai... pertama sebisa mungkin hindari make up berat, dan spons yang kotor atau bekas ganti-ganti orang. Make up berat maksudnya apa? Contohnya foundation yang bentuknya padat, atau yang kalau dipakai wajah kita kayak lagi pake topeng. Bener sih jadi nutupin bekas-bekas jerawat kita, tapi tahu ga kalo kulit jadi susah buat napas? Aku pernah ke Dokter Samuel Spkk. di Mrcc Siloam, dan dia langsung ngapus foundation aku pake jarinya. Tahu dia bilang apa? “Ini nih yang bikin jerawatan. Besok-besok jangan dipake lagi yang kayak gini”. Uwoooo... jadi sampe sekarang aku masih setia dengan BB Cream dan CC Cream. Noted, untuk BB Cream dan CC Cream aku lebih saranin produk yang dari Korea atau Jepang, karena formulanya lebih ringan. Beberapa produk yang pernah aku liat di Swalayan dan tes di tangan biasanya lebih berat dan ga beda jauh sama foundation.


Terus kalo gw mau kondangan atau pesta gimana? Masa gw tetep pake BB Cream? Kan ga keliatan cetar.
Gpp kok pakai foundation sekali-kali, banyak foundation yang bagus kayak Revlon, Make Up Forever, atau lainnya. Tapi, jangan lupa setiap selesai makeup pastiin kamu bersihin lagi make upnya, terus cuci muka lagi.


Hindari make up berat, dan spons yang kotor atau bekas ganti-ganti orang? Kalau di make up sama orang gimana? Masa kita tolak? Ntar di bilang sombong lagi.
Jangan takut buat nanya, kayak pakai foundationnya apa, atau lihat kondisi spons atau kuasnya. Dan, kalau memang kotor atau udah dipakai orang berulang kali, jangan takut buat bilang “Sorry Mas atau Mba, saya pakai spons/ kuas/ brush punya saya sendiri aja, soalnya muka saya sensitif banget”. Mendingan mana gengsi sama wajah langsung jerawatan setelah di make up? Aku soalnya pernah pengalaman di make up orang, dan spons nya itu udah dipake ke banyak orang (yah pasti tuh banyak banget debu nempel di spons yah) dan aku saat itu polos, ga tau, yaudah pake aja lah santai. Ehhh... selesai di make up mulai tuh gatel-gatel muka aku. Abis make up nya di apus, keliatan deh tuh bibit-bibit jerawat di jidat, pipi sama yang paling nyebelin adalah di dagu (karena alama ilangnya)


Kebiasaan atau gaya hidup lainnya yang aku ubah itu minum air putih yang banyaaaak. Jadi, artikel atau artis-artis tuh ga pernah bohong masalah kegunaan air putih buat kecantikannya. Minum air putih yang banyak ini ngebantu kulit kamu supaya ga terlihat kusam.


Selain itu, kamu juga jangan sering-sering begadang. Kata Bang Rhoma mah “Begadang jangan begadang, kalo ga ada artinya”. Sekali-sekali begang kalau ada banyak kerjaan, atau lainnya sih gpp. Tapi asal di balas dengan tidur yang berlebih di hari berikutnya. Dan ini jangan dilakuin tiap hari yah.
Olahraga. Sebenernya aku rajin banget sih kalau olah raga. Justru sekarang yang kurang olahraganya. Hahaha, ngegym kalau inget doang. Tapi, dengan berkeringat toksin yang ada di badan bisa keluar semua, jadi bibit-bibit jerawat juga ikut ilang. Selain itu, badan jadi lebih sehat, sirkulasi darah juga lebih bagus, jadi lebih sehat deh.


Terakhir, makan sayuran dan buah. Kalau kamu ga sempet makan buah, minum aja vitamin atau suplemen yang ada kandungan vitamin E dan vitamin C nya. Tapi kalau sayur wajib banget hukumnya yah. Kalau aku biasanya minum Natur E dan Natur Plus. Natur E buat siang, Natur Plus buat sebelum tidur.



Udah panjang banget nih sharing dari aku. Hahaha, semoga ga bosen bacanya yah, dan semoga bermanfaat untuk kalian. Sampai sekarang sih aku masih suka nongol jerawat tapi itu satu atau dua kalau lagi mau menstruasi aja. Oya, sampe saat ini aku masih belum bisa ngilangin yang namanya bopeng atau bekas jerawat. Hahaha, aku mau coba dermaroller, nanti aku share juga yah ke kalian resultnya... Atau kalian juga bisa sharing tempat dermaroller yang bagus di Jakarta, siapa tahu bermanfaat buat aku  dan temen-temen yang lain ^^

Ini dia transformasi aku. Keliatan jerawatnya pada numpuk di pipi pas jaman SMA & Awal-awal kuliah. Foto 1 & 2 pakai HP jadi agak kurang jelas maaf


Next aku bakal sharing gimana caranya rambut aku bisa bagus lagi setelah sempet kering kayak rambut jagung. Di tunggu yah ^^


11 comments:

  1. Lita apa aku kelewat, sorry mau tanya brand face cleanser toolnya apa? clarisonic kah?

    Glowlicious.Me | Beauty and Lifestyle Blog | Lily Widjaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lily...
      Bukan aku pakai DAYANVITA DHARMA Facial Cleaning Set 4 in 1 aku belinya di Bhineka.com

      Thanks u udah mampir di blog aku

      Delete
  2. Mbak lytha apa sudah pernah coba produk ini ? cek video nya ya. Terima kasih

    https://youtu.be/cxubmIbtBag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mr. Richard
      Aku belum pernah coba produknya. Kelihatannya menarik untuk di coba ^^

      Delete
  3. Aku mau nanya dong cara menggunaan si Dayan itu gimana? Barusan ku cek ternyata murce banget :D

    mrsfridaputri.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai... prinsipnya sih sama aja sih.. cuma untuk pengaplikasiannya kamu harus dari arah dalem ke arah luar. kalau kulit kamu gampang sensitif, mending pakai speednya yg medium ^^

      makasih udah mampir ke blog aku dear ^^

      Delete
  4. haii lytha ,, trus untuk sekarang kamu pakai perawatan wajah diklinik gak ... ?kalo iya pakai apaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Vina, kebetulan aku cuma pakai satu produk dari klinik.. itu dari lotion jerawat dari La Diana, gunanya pas jerawat mau timbul biasanya aku olesin itu biar ga gede-gede banget dan cepet kempes..

      Delete
  5. Hai Lytha salam kenal, ak Hymma😊 ak tim Drw Skincare, ak bisa bantu permasalahan wajahmu, km bisa hub ak di WA 082326582751

    ReplyDelete
  6. Ak kan bantu mengatasi masalah wajahmu sampai tuntas 😊

    ReplyDelete